Menjaga kesehatan Selama Beribadah Haji amatlah penting, mengingat Cuaca di Mekkah yang tidak stabil dan ekstrem. Menjaga kesehatan harus menjadi hal yang di prioritaskan oleh seluruh Jamaah, sebab jika kesehatan terganggu sudah pasti membuat Ibadah juga terganggu.
Berikut 6 tips untuk tetap bisa menjaga kesehatan sewaktu menjalankan ibadah haji.

1. Menjaga kebersihan
Kebersihan adalah hal penting pertama yang harus diutamakan oleh setiap jamaah haji. Dengan menjaga kebersihan, jamaah akan terhindari dari penularan kuman penyakit. Apalagi di tanah suci, kita akan sering berdesakan dengan jamaah lain, yang mungkin membawa kuman penyakit.

Usahakan untuk mandi secara rutin, bersihkan tangan dengan sabun, selain itu upayakan untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi. Jangan menyimpan sampah di dalam kamar hotel, karena akan menjadi sarang penyakit, buang sampah di luar kamar, biasanya sudah disediakan tempat sampah khusus, sehingga kamar terbebas dari potensi kuman penyakit.

2. Hati-hati saat makan
Pada saat melaksanakan ibadah haji, seringkali banyak jamaah yang terkena diare. Salah satu penyebabnya adalah salah makan. Selalu periksa terlebih dahulu kondisi makanan yang akan dimakan, karena terkadang jamaah sibuk dengan ibadah, sehingga lupa bahwasanya makanan yang mereka santap kurang segar atau bersih.

Segera tanyakan kepada dokter rombongan jika anda mengalami sakit. Jangan ditunda hingga esok hari, karena waktu anda di tanah suci terbatas, sangat disayangkan jika waktu anda terbuang karena tidak bisa beribadah di masjidil haram atau masjid nabawi.

3. Selalu menggunakan masker
Selalu sediakan masker didalam tas kecil anda, karena masker sangat direkomendasikan untuk menjaga kesehatan jamaah selama menunaikan ibadah haji. Selain menghindari debu yang masuk kedalam mulut, masker juga berfungsi menjaga anda dari kemungkinan tertular penyakit karena sentuhan dengan jamaah yang lain.

4. Cukup minum air putih
Suhu udara yang panas di tanah suci akan membuat sebagian jamaah khususnya jamaah lanjut usian dan yang sedang sakit untuk melakukan aktivitas ibadah. Minumlah banyak air putih untuk menghindari dehidrasi.

5. Istirahat yang cukup
Haji adalah ibadah yang menuntut fisik. Seringkali jamaah dituntut untuk bersusah payah dalam menjalankan ibadah. Seperti misalnya jarak penginapan yang jauh dari masjid, atau tidak adanya transportasi yang memadai untuk melakukan aktivitas ibadah, sehingga jamaah terpaksa jalan kaki ke masjid dan kembali ke hotel

Maka dari itu, menjaga kesehatan dan kondisi fisik tetap prima itu penting bagi setiap jamaah haji. Jika jamaah kelelahan, hal itu akan mengganggu prosesi ibadah haji mereka selama di tanah suci. Oleh karena itu, cukupkanlah waktu istirahat anda. Saat tubuh anda mulai lelah, jangan paksakan untuk beraktivitas. Tidur adalah obat alami yang efektif menghilangkan lelah akibat beraktivitas.

Advertisements