Aroma tubuh manusia memang memiliki kadar bau tak sedap, maka dari itu pengakuan terhadap bau tubuh inilah mengakibatkan adanya produk yang membuat tubuh menjadi harum yaitu minyak wangi atau yang lebih akrab disebut parfum.

Kebanyakan orang, memiliki penampilan yang rapi serta aroma tubuh yang wangi akan menimbulkan rasa percaya diri yang tinggi, begitu pun sebaliknya. Oleh karena itu, menjaga penampilan bersih dan wangi sepanjang hari bisa jadi akan berdampak pada kesuksesan seseorang, karena sesungguhnya Allah juga menyukai orang-orang yang bersih dan mensucikan diri.

Memakai wewangian atau parfum juga merupakan cara yang diajarkan Rasulullah SAW dan menjadi Sunnah jika memakai parfum. Terlebih jika memakai parfum untuk menjalankan ibadah seperti memakai parfum untuk ibadah Shalat Jumat dan lain sebagainya.

Nah, bagi Anda yang mendambakan aroma tubuh wangi, seger, dan tidak tercium bau badan yang tak sedap coba ikuti cara-cara berikut ini.
1. Mandi

Mandi merupakan cara jitu untuk mengusir bau badan, namun keterbatasan waktu tidak memungkinkan seseorang selalu mndi sepanjang hari. Oleh karena itu, mandi lah minimal dua kali sehari atau selepas aktifitas yang membuat badan kita terasa bau tak sedap.

2. Gunakan deodoran

Ketiak merupakan tempat utama terjadinya proses keluarnya keringat yang membuat tubuh menjadi bau. Oleh karena itu, pakailah deodorant yang sudah banyak dijumpai dengan berbagai merek yang ada di warung maupun supermarket. Hindari memakai deodoran antiperspirant karena akan memblok pori-pori kulit dan mencegah bakteri dan racun keluar dari kulit sehingga bakeri dan racun akan menumpuk di kulit yang mengakibatkan bau badan.

3. Sauna dan mandi uap

Kelenjar keringat berfungsi mengeluarkan racun dari tubuh. Sauna berguna mengeluarkan racun dari tubuh lewat pengeluaran keringat. Pori-pori kulit akan terbuka dan racun keluar melalui kulit. Anda juga bisa mandi uap untuk meningkatkan aroma tubuh secara alami.

4. Kenakan pakaian bahan yang menyerap keringat

Kenakanlah pakaian dengan bahan yang mampu menyerap keringat seperti linen, katun, dan sutra. Hal ini akan membuat keringat tidak menumpuk di kulit sehingga kulit dapat ‘bernapas’ dan bakteri sulit berkembang.

5. Jenis makanan

Klorofil yang terkandung pada makanan hijau, seperti bayam dan sayuran hijau membuat tubuh Anda beraroma segar alami. Makanan pedas berupa bawang putih, bawang, dan rempah-rempah dapat menyebabkan bau badan makin buruk. Bau badan menyengat akan merembes dari pori-pori kulit setelah Anda makan makanan tersebut. Batasi asupan makanan pedas dan perbanyak minum air mineral.

6. Jangan merokok

Usahakan jangan merokok, karena bau tembakau dapat merembes dari pori-pori sehingga bau badan yang ditimbulkan dari keringat akan tercium.

7. Cukur bulu ketiak

Bakteri dapat berkembang di suhu yang hangat , lingkungan lembab, dan melekat pada bulu ketiak. Anda bisa mencukur bulu ketiak untuk membantu mengurangi bau badan. Jika tubuh Anda bersih, aroma tubuh tidak berbau.

 

Semoga bermanfaat 🙂

Sumber: Kabar Umrah Haji

Advertisements