Siapa yang tak mengenal kacang Arab? Kacang Arab atau dengan nama lainnya adalah Kacang Garbanzo merupakan kacang yang menjadi salah satu oleh-oleh yang khas, ketika seseorang pulang dari menjalankan ibadah umroh ataupun haji. Seperti kacang-kacangan pada umumnya, kacang arab memiliki kandungan nutrisi yang baik dan bisa dimasukkan dalam menu makanan sehat sehari-hari.

Sehabis musim haji, terbitlah musim oleh-oleh khas Arab!

Bukan hanya kurma dan air zam-zam yang sering dijadikan oleh-oleh khas Arab yang memiliki segudang manfaat gizi, ketiga makanan camilan khas Arab ini ternyata juga bergizi tinggi lho. Maka itu, wajib banget kamu coba!

1. Kacang Arab

Bentuknya kuning bulat, rasanya gurih nikmat. Kacang yang satu ini sering disebut kacang arab, tapi sebenarnya nama asli dari kacang yang satu ini adalah kacang garbanzo atau nama kerennya kacang chickpeas.

kacang-arab

Kacang arab ini memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi. Tingginya serat dalam kacang arab bermanfaat banget untuk menjaga kadar gula darah dan kolesterol tubuh. Selain itu, kacang arab merupakan makanan sumber zat besi, vitamin B6, dan magnesium yang dapat menghindarkan kamu dari anemia, pegal-pegal, dan kerapuhan tulang lho!

2. Pistachio

Kacang yang ciri khasnya memiliki cangkang unik dan warna kacang yang hijau ini ternyata lebih spesial dibanding jenis kacang lain! Pistachio mengandung protein yang lebih tinggi dan lemak yang lebih rendah dibanding jenis kacang lainnya, seperti kacang mede, almon, pecan, walnut, dan hazelnut. Bayangkan, kalori 49 butir pistachio setara hanya dengan 3 keping biskuit saja. Cocok banget dijadiin cemilan untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan.

pistachio-nuts

Penelitian terbaru yang dilakukan pada 76.000 perempuan dan 42 ribu laki-laki di Amerika menunjukkan fakta mengejutkan bahwa rutin mengonsumsi minimal 3 porsi pistachio per minggu dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, jantung, dan paru-paru sebanyak 39%. Kacang pistachio kaya akan serat dan lemak tidak jenuh yang berdasarkan penelitian dari Harvard University yang justru bukannya membuat obesitas, tapi malah mendukung penurunan berat badan.

one-serving-pistacio

Ini dia penampakan 1 porsi pistachio, ternyata sedikit ya!

3. Kismis Arab

Pangan yang satu ini memang paling juara! Kismis tidak mengandung lemak dan garam sama sekali, serta kaya akan vitamin dan mineral ideal untuk masuk ke dalam kategori cemilan sehat kamu! Kismis juga direkomendasikan menjadi camilan sehat untuk para penderita diabetes melitus. Walaupun manis, tapi manisnya alami dan justru dapat membantu mengontrol kadar gula darah dibanding camilan lain kalau dikonsumsi dalam porsi yang sesuai. 2 sendok makan kismis sudah mengandung 15 gram karbohidrat jadi harus hati-hati!

kismis-arab

Berbagai penelitian menunjukkan jika apabila penderita diabetes melitus rutin mengonsumsi kismis tiga kali sehari terbukti dapat menurunkan tekanan darah dan kadar gula darah dibandingkan apabila mengonsumsi camilan lain seperti biskuit dan kraker. Kecil-kecil besar banget manfaatnya ya si kismis ini!

Sumber : Linisehat.com

Advertisements