Bagi jamaah yang sudah menjalankan ibadah umrah lebih dari sekali, mungkin sudah hafal dengan kondisi Mekkah dan Madinah. Bagi pemula, untuk mengetahui kondisi di Mekkah dan Madinah harus banyak membaca panduan dan informasi seputar keadaan Tanah Suci mulai dari hal ibadah hingga tata cara umrah dari berbagai sumber.

Namun bukan hanya persiapan rohani saja yang harus diketahui jamaah ketika melaksanakan ibadah umrah, fisik pun harus prima mulai sebelum berangkat, selama di pesawat, dan saat di Tanah Suci.

Berikut tips dan strategi supaya tubuh tetap bugar saat umrah.

  1. Sebelum berangkat, jamaah sangat dianjurkan untuk melakukan aktivitas olahraga rutin atau aklimatisasi. Seperti rutin berjalan kaki cepat, atau melakukan jogging ringan. Dan diingatkan juga agar tubuh dijaga agar tidak terlalu lelah jelang hari keberangkatan ke Tanah Suci.
  2. Satu hal penting yang tidak boleh terlewatkan adalah melakukan pemeriksaan kesehatan di pelayanan kesehatan. Seperti di Puskesmas atau dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan secara cermat. Bila ternyata jamaah sakit jelang keberangkatan, harus segera diobati.
  3. Gunakan waktu istirahat secukupnya ketika berada di pesawat. Jangan biarkan perut dalam keadaan kosong karena akan mudah diserang penyakit. Makan dan minumlah secukupnya.
  4. Bagi yang suka mabuk kendaraan, persiapkan obat-obat pribadi dan dibawa ke dalam tas supaya bisa cepat diminum saat dibutuhkan. Bila perlu siapkan kantung plastik untuk berjaga-jaga mabuk dadakan.
  5. Selama di Tanah Suci, jamaah harus memilih ibadah sunah sesuai kemampuan dan memilih yang rukun. Jangan memaksakan diri untuk melakukan ibadah sunah jika kondisi badan tidak kuat.
  6. Kebugaran fisik bisa dipertahankan di Tanah Suci dengan mengonsumsi cukup makan dan juga cukup istirahat. Sambil melaksanakan ibadah yang tepat baik pagi, sore atau malam. Jangan terlalu banyak berjalan-jalan seperti berbelanja dan menghabiskan waktu dengan tanpa untuk ibadah.
  7. Hindari stress dan banyak memikirkan hal-hal yang diluar kemampuan  seperti memikirkan keluarga di tanah air dan hal-hal lain.

sumber: http://www.kabarumrahhaji.com

Advertisements